Tuesday 1 December 2015

LAMPU ANGELS EYE MATI / BALLAST MATI


Pernah anda mengalami lampu angels eye anda tiba tiba mati, saya akan membahas sedikit bagaimana cara membetulkan angels eyes anda.
Langkah pengecekan
1. Nyalakan Lampu angels eye anda cek kanan dan kirinya. jika keduanya mati disinyalir adanya putus pada sikring/fuse. silahkan anda ganti.
2. Jika hanya salah satu yang mati misal kanan mati, bereati anda dapat mengeceknya dengan menukar ballast tersebut. jika ternyata masih tidak nyala, berati kerusakan pada lampunya, dan bila nyala berarti kerusakan pada ballast tersebut, ada 2 opsi untuk memperbaiki hal tersebut, anda mengganti ballast baru atau anda cukup memperbaikinya saja. Berikut saya akan membahas cara memperbaiki ballast.

Perbaikan Ballast 



Buka komponen ballast sampai terlihat semua komponen elektronikanya, buang pelindung pada komponen elekronikanya hati-hati jangan sampai terkelupas atau terangkat kompnen-komponen elektronika tersebut. Setelah semua terbuka, yang perlu anda sediakan adalah solder dan timah.
Cari komponen elektronika transistor D882P




 ini contoh dan kemungkinan sama jika tidak sama maka anda perlu melihat pada fisik transistor tersebut, dan transistor berkode 3904

Silahkan ganti kedua kompenen tersebut kemudian tinggal anda coba, Komponen tersebut banyak di jual di toko - toko elektronik pada umumnya. Harganyapun relativ murah dikisaran @1000 s.d 2000 rupiah saja. Saya sudah mencoba dan berhasil.


No comments:

Post a Comment