Wednesday 9 December 2015

MOBIL BERGETAR SAAT KECEPATAN TINGGI ATAU SAAT DIREM


Bagi para pecinta otomotif mungkin pernah mengalami dimana pada saat mobil dipacu kecepatan lumayan tinggi diatas 60 Km/jam terjadi getaran yang tidak biasa. jika anda mengalaminya maka mobil tersebut memang sedang bermasalah, tinggal apa yang menyebabkan dan harus segera dibenahi.

Ada 3 hal yang menjadi penyebab mobil bergetar pada saat kecepatan tinggi yakni:

Masalah Mesin
Masalah yang terjadi pada mesin sangat kentara pada saat kita menginjak pedal gas ataupun melepas, seperti terjadi gerakan tidak spontan atau tersendat pada pedal gas, begitu pula saat melepas gas mobil seperti tersendat.
Tidak stabilnya mesin ini sebagian besar disebabkan oleh : Tidak lancarnya pasokan bahan bakar (karburator/ sistem injeksi), Masalah pada sistem kelistrikan (busi/ aki/ koil),Masalah pada sistem kompresi (piston),Kampas kopling yang habis, Setelan mesin yang tidak tepat

Masalah Rem
Rem yang bermasalah juga dapat menyebabkan getaran mobil pada saat kecepatan tinggi, biasanya saat cakram rem sudah tidak rata/ membentuk gelombang. ketika pedal rem diinjak maka mobil akan bergetar. Perhatikan pula saat mengganti kampas rem, jangan gunakan kampas rem yang berkualitas rendah(Kw)  karena material maupun dimensinya kebanyakan tidak presisi sehingga bisa merusak piringan cakram.

Masalah Ban
Ban yang tidak rata (tekanan udara ataupun kualitas ban tidak sama) dapat menyebabkan mobil bergetar saat kecepatan tinggi, diusahakan selalu cek tekanan udara pada masing-masing ban jika ada yang kurang angin segera ditambah. Pengalaman ban yang sering kurang angin dapat menyebabkan kerja shockbreaker yang lebih berat, sering juga dapat merembet pada sistem power steering akibat ban tidak seimbang.
Pertimbangan lebar ban dan corak ban yang dipergunakan, pertimbangkan juga tentang pemakaian velg yang tepat. Pastikan roda tidak bermasalah jika ada masalah segera lakukan spooring dan balancing pada bengkel spooring saat setir bergetar kencang ketika dibelokkan juga indikasi waktunya pemilik mobil melakukan spooring and balanching.

Masalah Axle
Axle atau dudukan roda yang berfungsi sebagai tumpuan roda dan penerus putaran mesin ke roda, axle pada roda sedikit berbeda perannya dimana axle roda depan juga berfungsi penerus belokan dari setir. Sehingga jika axle roda depan terdapat masalah maka getaran akan sangat terasa sekali.Axle memang jarang bermasalah tetapi tidak ada salahnya mengecek axle mobil.

Semoga membantu dalam analisa anda untuk memperbaiki masalah diatas

No comments:

Post a Comment