Monday 30 March 2015

MENYEGARKAN FOGLAMP YANG SUDAH MENGUNING

Tips kali ini adalah bagaimana carannya menyegarkan foglamp anda supaya terlihat lebih segar kembali, 
SEBELUM

Caranya cukup mudah pertama anda lepas foglamp dari dudukannya, kemudian anda bisa cuci bagian dalamnya, pelan - pelan ya gan biasanya disealen menggukan lem jadi agan harus sabar melepas mika/kaca foglampnya, berikutnya setelah dicuci bersih baru agan sealen kembali ya supaya rapat,

SESUDAH

beres dech foglam anda segar kembali, kemudian biar tambah gaul tapi tidak mengurangi fungsi foglampnya agan siapkan scoatlet warna hitam transpan lalu balut fonglampnya, mantap jadi tamgah keren foglampnya.

Friday 20 March 2015

MASALAH REM BLONG / BUGEL / KERAS


Rem mobil adalah salah satu fitur keselamatan mobil anda, Bagaimana tidak jika dalam berkendara tiba - tiba rem anda blog gimana ?

Kini saya bahas cara mengatasi dan menganalisa masalah pada sistem pengereman mobil anda.
pertama kita harus analisa terlebih dahulu.

1. Jika terjadi rem blong penyebabnya adalah :

      - Minyak rem habis.

 Minyak rem habis akan mengakibatkan tidak adanya dorongan pada piston pada kaliper remnya. Anda cukup melihat batas minimal pada tambung minyak rem, Isi minyak rem sesuai petuntuk di atas tabung cadangan minyak rem, Ada 2 Tipe yang banyak digunakan DOT 3 & DOT 4, Jika tabung anda DOT 4 Maka anda bisa mengisi dengan DOT 3, akan tepati jika standarnya DOT 3 tidak boleh diisi dengan DOT 4

      - Selang rem putus atau bocor.
Selang rem putus atau bocor akan mengakibatkan keluarnya minyak rem.Cirinya adanya minyak yang kelaur dari sistem pengereman mobil anda, Kerusakan ini biasanya diakibatkan karena usia mobil anda sudah mulai tua.

      - Boster REM bocor


Sulit untuk mengaatasi masalah ini karena penyebabnya tidak banyak diketahui, cirinya adalah ketika rem anda di injak ada bunyi desis pada bagian ini, ini menandakan adanya kebocoran pada membran yang terdapat pada boster rem, Mengatasinya dan bisa repair di bengkel khusus mengani rem atau solusi paling cepat adalah mengganti dengan yang baru.

     - Kampas REM habis / Aus

Masalah ini yang paling banyak ditemukan karena kurang perhatian dan pengecekekan tentunya. Jangan sampai terlamabat menggantinya ya, karena akan mengakibatkan ausnya piringan/cakram remnya.bisa menguras dompet tuh gan.

2. Rem Keras atau Bugel

Rem Keras atau bugel penyebabnya adalah adanya sumbatan pada sistem rem anda, minyak tidak dapat bersirkulasi dengan baik sehingga menghambat kinerja rem. Penyebab berikutnya adalah :

- Katup satu arah, Katup ini terdapat diantara selang yang menghubungkan boster rem dengan sistem intek pada mesin mobil anda. Tugasnya adalah membuka dan menutup katup, yang akan memberikan tenaga pada boster rem anda dengan tenaga hisap dari mesin. Cirinya anda bisa lepas katup ini dan tiup dari kedua sisinya, pada sisi yang pertama misalkan bisa ditiup maka pada sisi yang kedua rapat atau tidak bisa ditup, Tanda panah arah pada katub ini adalah penujuk arah aliran anginnya. Harganya murah kok gan.


- Master rem kotor nah jika terjadi hal ini anda harus menguras semua minyak rem dan membersihkan master renmnya, jangan lupa di setiap kaliper pada masing2 roda juga dicek ya biar sekalian.

- Boster rem juga menpunyai peran penting jika terjadi REM keras atau Bugel, Yaitu terjadinya kebocoran.

Thursday 19 March 2015

KENYAMANAN BERKENDARA LEWAT BAN


Ban adalah komponen paling penting pada saat anda berkendara, Sering kali kita lupa perhatian pada komponen satu ini, akibatnya Ban kempes, bahkan sampai meledak karena ban sudah aus dan kemakan usia. yang perlu di perhatikan adalah :

1. Umur ban,  ketika ban diprodksi produsen akan mencetak tanggal produksi bantersebut, bisa di lihat pada sisi ban tersebut, contoh 1214 artinya ban di prosuksi pada minggu ke 12 di tahun 2014. Ban yang sudah kadaluarsa akan keras dan sudah tidak nyaman digunakan.

2. Ketebalan ban, ini yang penting gan, jangan sampai ban keburu habis/aus kerkikis oleh aspal gan, banyak kejadian ban meledak karena sudah aus. yang lebih parah lagi bisa terjadi kecelakaan gan.

3. Periksa tekanan angin sembelum anda berkendara, Hal sepele tapi bisa membuat anda nyaman berkendara.

4. Gunakan ban standar keluar pabrik mobil tersebut, biasanya sudah di tempel di bodi mobil informasinya. Ban tinggi dan tipis hanya berdampak gaya dan keren tapi melupakan keyamanan anda, dan juga akan mempercepat usia shock breaker anda. Karena kerja shokbreaker akan lebih keras dibandingan dengan ban standar yang masih bisa membantu mobil dalam melewati lobang dan benturan.

 Ban Standar
Ban TIPIS DAN GAYA

TIPS AWET DALAM MENGGUNAKAN AC BMW


Sebelum kita bahas seperti apa dalam merawat AC mobil anda lebih dulu mengetahui tentang pengertian dan cara kerja ac itu sendiri.

Air Conditioner (AC) Mobil adalah suatu rangkaian komponen yang berfungsi sebagai penyejuk ruangan pada kabin kendaraan. pada dasarnya sistem kerja ac mobil adalah sirkulasi udara (lihat gambar) dimana komponen-komponen berfungsi saling berkaitan satu dengan yang lainnya, dengan freon (gas pendingin) sebagai aliran sirkulasi itu sendiri. aliran tersebut terus-menerus bersirkulasi selama mesin dihidupkan.

KOMPONEN AC 

1. Compressor

Adalah mesin pemompa freon yang didalamnya terdapat piston atau sitem pengerak lainnya serta dua buah katup tiup dan hisap, yang mana katup tiup adalah berfungsi menyalurkan hasil proses pompa gas freon yang bertekanan tinggi kepada condensor. sedangkan katup hisap berfungsi menarik lagi gas sisa pendinginan pada evaporator. pada compressor terdapat juga magnet clutch yang berfungsi sebagai sistem kelistrikan dan pengontrol.
2. Condensor
Pada komponen ini berfungsi sebagai penyerap panas dan pendingin atau pelepas kalor dari gas freon yang telah melewati proses kerja dari compressor, tekanan tinggi tadi diubah menjadi liquid atau cairan dan dialirkan lagi ke filter driyer. karenanya tidak heran condensor umumnya diletakan pada bagian depan setelah radiator mesin, hal ini bertujuan agar condesor dapat dibantu didinginkan oleh putaran kipas dan aliran udara saat mobil berjalan.
3. Filter Driyer
Alat ini berfungsi sebagai penampungan dan penyaring cairan yang telah melalui proses pendinginan dari condensor. di dalam filter driyer sendiri terdapat bermacam lapisan saringan yang berfungsi memimalisir dan menyaring kotoran dan uap air sisa-sisa cairan yang ada sehingga hasil terbaiklah yang dialirkan lagi kepada expansi valve.
4. Expansi Valve
Fungsi alat ini adalah sebagai katup pengaturan dan mengecilkan cairan yang setelah melalui proses dari filter driyer. di dalam expansi valve cairan yang ada disemburkan sedemikan kecil (meminimalisir gas freon) sehingga menghasilkan embun dingin dengan tekanan yang lebih rendah kepada evaporator (cooling coil).
5. Evaporator

Proses terakhir terjadi pada komponen ini dimana embun bertekanan rendah yang dihasilkan dari expansi valve tadi disalurkan melalui cooling coil melalui pipa-pipa kapiler yang terstruktur pada cooling coil dan telah menjadi dingin karena proses tersebut dan dihembuskan oleh blower yang keduanya terdapat dalam evaporator, sehingga anda dapat merasakan dingin dan sejuk pada kabin ruang kendaraan melalui kisi-kisi angin yang terdapat pada dasbor mobil. Hasil sisa dingin tadi kemudian dikembalikan lagi ke compressor, begitulah proses kerja ac mobil terjadi terus-menerus saat mesin dihidupkan tentunya.
Didalam perjalanan berkendara ac sangatlah penting, untuk itu kita harus tau bagaimana cara menggunakannya dan tentu harus tau juga cara merawatnya. berikut beberapa tips singkat yang bisa dijadikan panduan dalam menggunakan AC mobil Anda :

1. Pada saat menyalakan ac mobil diusahakan mobil dalam keadaan RPM rendah atau pada saat mobil lamsam. Usahakan RPM dibawam 1000.

2. Untuk menonaktifkan AC jangan pada saat RPM mesin tinggi, dan diusakan selalu mematikan ac terlebih dulu sebelum mobil anda di OFF kunci kontaknya.
3. Jangan sekali - kali menghidup matikan ac pada saat RPM tinggi, Ini akan mengakibatkan kompresor ac akan cepat rusak, Kenapa ? Karena compresor akan menerika momen yang tinggi dari putaran mesin yang tinggi sehingga akan ada kejutan putaran yang belebihan. Dan juga akan merusak mangnetik clutce kompresor anda.

4. Sering mengganti filter ac nya ya, Murah ko ga mahal - mahal amat.
5. Jangan merokok didalam kabin mobil, Akan menimbulkan efek bau pada kabin mobil anda. Karena asap rokok akan menempel pada kabin. Sehingga akan menimbulkan perpaduan  bau yang tidak sedap dan ac pun jadi tidak segar. heeeeeee 
6. Isi freon yang ramah lingkungan ya, Jika dirasa ac sudah kurang dingin.
7. Selalu bersihkan kisi - kisi ac anda dari debu dan kotoran.


Sekian dulu ya semoga bermanfaat.

AMAN KELISTRIKAN BMW LEWAT SEKRING

 Sekring Plastik

Sekring adalah komponen kecil yang digunakan untuk meneruskan arus listrik kekomponen tertentu dan dapat bertugas memutuskan arus jika terjadinya arus pendek/konsleting.

Tapi inget jangan asal dalam mengganti sekring, bisa - bisa malah jadi berabe, fatalnya lagi bisa habis dilalap api nanti mobilnya,

Berikut ada beberapa tips dalam memilih sekring
- Sesuaikan Ampere sekring dengan kebutuhan jangan terlalu kecil atau terlalu besar. terlalu kecil akan mudah putus, terlalu besar bisa terjadi konsleting pada komponen mobilnya karena sekring tidak bekerja.
- Pilih sekring yang menggunakan bahan keramik, awas ya jangan pakai yang bebahan plastik, ini bisa menimbulkan lelehan karena panas dari sekringnya. dan bisa terjadi api.

 Sekring keramik

Kecil - kecil bisa jadi masalah besar jadi hati - hati ya gan. Semoga bermanfaat

ALARM BMW BERMASALAH

Bahasan kali ini seputaran alarm yang bermasalah,

Alarm komponen elektrical yang difungsikan sebagai system security pada mobil anda, oleh karena itu sangatlah penting didalam keamana tersebut, Sengaja saya tulis disini saya mempunyai pengalaman masalah pada alarm Mobil ane BMW E36, Saat itu masalah yang timbul adalah :

1. Alarm Bunyi setelah dilakukan pengucian melalui remote control.
2. Jika dilakukan lock pada pintu supir, semua kunci kembali terbuka dengan sendirinya.

Alhasil selama belum ditemukan solusinya tepaksa di lock dari dalem satu - satu ( Cape Dech ). Sampai suatu ketika saya membeli modul central lock unversal untuk mengatasi hal tersbut, Hmmm rued bangat gan, dan tidak berhasil juga, di coba boangkar modul central lock bawaan BMW ane ganti - ganti komponen dalamnya seperti ELCO/Kapasitor yang saya curigai rusak ternyata masih sama.

Tenyata eh ternyata masalahnya cuma karena pintu2 tidak rapat, wakwau cape dech, solusi yang terakhir yang hanya bermodalkan isolasi kabel saja. nich contoh lokasi pemasangannya.

Yaitu hanya mempertebal diameter as pada pengait pengunci pintunya ! sepeti gambar dibawah, inget gan jangan terlalu tebal,nanti malah ga bisa nutup, disesuaikan dengan kebutuhan ya.


Selamat mencoba dan semoga dapat membantu.

SERVICE HEMAT DAN PRAKTIS ALA BMW

Kali ini akan membahas bagaimana caranya menghemat biaya untuk mnyervice BMW yang notabene BMW rewel, Rued, Service Mahal dll, Itu cuma mitos, Sekarang saya kasih tau tips dan triknya untuk menyervice bmw dirumah, Hanya bermodalkan alat - alat sederhana, cara ini bisa dilakukan di Mesin BMW Seri M40, M43, M50, M52 DLL

1. Membersihkan injector 
konponen ini sangatlah penting untuk menjaga performa BMW anda, yang anda lakukan cukup dengan, menyemprotkan carburator cleanner kedalam saluran isap pada mobil anda. Yaitu saluran keluar udara dari AFM (Airflow) ke dalam injector. Sambil mesin dinyalakan dan di mainkan gasnya.


2. Bersihkan ICV
ICV berfungsi sebagai idle up mesin, jadi apabila mesin mengalami idle/mesin akan mati ICV akan bekerja menaikan RPM mesin, Seperti halnya ketika anda menyalakan AC. Nah komponen ini juga jika tidak diperharikan akan mengganggu kinerja mesin, Penyakitnya RPM tidak stabil, dan Brebet.
Caranya buka ICV, Kemudian bersihkan dengan carburator/injector cleanner.
 






3. Ganti Busi ( Bila Perlu )
Semoga Bermanfaat ya

Wednesday 18 March 2015

RADIATOR OVER HEAT / PANAS


Wakwaw hari yang buat seseorang bikin pusing pada saat mobil anda Overheat / panas, ini terjadi pada sesorang teman yang menggunakan BMW E36 M43, Kebetulan sohib BMW ane gan, Ceritanya mobil terjadi overheat radiator meledak dan pecah tabung cadangan air radiator tersebut. Waduh memang bikin pusing dan kantong bolong nich gan.

Kemudian saya sarankan untuk ganti radiator, dicari - cari akhirnya ketemu radiator copotan yang masih berfungsi dengan baik, kemudian dipasangkan radiator tersebut pada mobilnya, ehhh malah masih overheat gan, ketika dibuka tutup air radiatornya dor . . . . . airnya menyembur keluar semua dengan  teperatur air mendidih gan ga tau persirs berapa, tapi kira - kira 100 derajat celcius mungkin.

Setelah dicari - cari browsing sana - sini, akhirnya dicoba satu - satu, ane isi lagi airnya sampai penuh kemudian dinyalakan mesinnya tanpa ditutup penutup air radiatornya, eh masih sama air keluar lagi.
Masih penasaran kemudian dibuka selang saluran keluar yang dari mesin ( sambil mesin nyala ) ternyata eh ternyata airnya ga ngalir gan. pantes aja jadi overheat. Liat gambar dibawah no 2 ya itu selang yang dibuka.

Sampai sudah ane vonis water pomp nya yang ga jalan. Hmmm bisa kuras kantong tambah dalem lagi nich, Tapi tenang aja, tenyata masalahnya di tesmostat yang tidak bekerja sebagaimana seharusnya, Kenapa ? karena termostat fungsi utamanya adalah sebagai katup yang membuka dan menutup sesuai dengan drajat panas mesin gan. Ukuranya tertulis pada pringan katupnya.


Akhinya masalah teratasi, Karena tidak memiliki cadangan termostart pengganti, cukup direalease/tidak dipasang aja gan. jadi lalu lintas airnya tidak di buka tutup alias bablas, alhasil mesin jadi adem lagi, tapi inget gan ini hanya sementara, tar diganti ya setelah dapet yang baru. Untuk lebih jelasnya, nanti ane tulis keuntungan dan fungsi dari tersmostat.

Haaaahaaa Adem lagi mobilnya. Mantap

OLI TRANSMISI BMW M40

Kali ane pengen bahas pengalaman ane ada saat mengganti oli transmisi BMW M40 Manual ane, singkat cerita ane kebengkel terdekat dirumah ane, bukan bengkel spesialis BMW gan hanya bengkel umum biasa gan, tapi jangan khawatirgan ane cuma butuh tenaganya aja, tetap ane yang komandoin tu mekanik hahahaaaaaa, . . . wajar gan mekanik kampung gan agak ngeri kalau pegang mobil eropa apalagi BMW "ngeri salah dikit bisa fatal" tutur sang mekanik,
sigkat cerita udah bongkar aja tar ane yang tunjukin caranya, heeeeeeheee . . . ane yang tanggung jawab, Nah setelah itu diturunin tuh olinya dan ternyata olinya ko encer ya bilang sang mekanik, nah loh gua juga bungung kenapa ko encer mobil ane kan manual seharusnya agak kental.
Jadi gini gan oli untuk transmini ada 2 type MTF dan ATF
ATF = Automatic Transmision Fluide
MTF = Manual Transmision Fluide
Jadi kalau mesin agan manual pake MTF, Kalo Matic Pakai ATF, tapi mobil ane manual ternyata olinya ATF, ane juga bingung, tapi tenang dulu gan, Ane pake ATF dikarenakan supaya pada saat ane lakukan perpindahan gigi, jadi lebih ringan dan lembut gan. ga masalah kok kalau mobil agan manual pake ATF, tapi di mesin M40 ya gan kalau untuk mesin yang lain ane belum pernah coba.

Takarannya nich gan,  di BMW M40 sekitar 1,5liter ya gan, Jadi agan beli 2 botol yang 1 liter ya,
Kebetulan ane Pake Prestone ATF gan, sisanya buat ganti oli selanjutnya ya gan. rekomendasi setiap 20.000Km ya gan harus di ganti. mendingan di ganti rutin gan dari pada giginya rontok wkwkwkwkwkwkwkwkwk . . . .
nich gambarnya.


Selamat mencoba ya gan.

TIPS MEMILIH OLI MESIN BMW


Ok agan sebagai pembuka blog ini, kini kita bahas bagaimana cara memilih oli mesin yang tepat untuk BMW. yang terpenting adalah SAE, direkomendasikan  adalah 10 - 40. BMW banyak part yang memiliki celah yang sempit untuk jalannya sirkulasi oli mesin misalnya HVA, dan pada distribusi oli pada kepala silinder, berdasarkan pengalaman yang saya alami, pernah menggunakan oli 15 - 50 alhasil mesin mobil saya amblas semua, dikarenakan oli yang tersumbat. Karena oli dengan SAE 15 - 50 lebih kental, oli 10- 40 lebih encer, untuk rekomendasi merek sesuaikan dengan buget aja ya gan, banyak berbagai macam merek oli yang bisa dipakai.

Nah gan kebetulan ane pakai Fastrone 10-40 gan "saya cinta ploduk - ploduk indonesia"  aman ko gan, kalo pengen lebih bagus pakai castrol magnetik 10 - 40 itu lebih mantap gan.

Nah ini gan penjelasan singkat tentang SAE.

Oli mesin umumnya ada 2 jenis gan. Oli Mineral (Base Oil) yg berasal dari hasil tambang minyak bumi yg diolah kemudian ditambah aditif. Kemudian, Oli Sintetis (Synthetic Oil) yg berasal dari Polyalphaolifins yang datang dari bagian terbersih dari pemilahan dari oli mineral, yakni gas. Senyawa ini kemudian dicampur dengan oli mineral. Inilah mengapa oli sintetis bisa dicampur dengan oli mineral dan sebaliknya.

Sering kita mendengar kata SAE 20, SAE 50. Apakah SAE itu?
SAE (Society of Automotive Engineer) adalah lembaga standarisasi seperti ISO, DIN, JIS yang mengkhususkan diri di bidang otomotif


SAE 10W-40
Oli ini dpt dipakai pd kondisi dingin suhu -20 s/d -25 celcius dan suhu 150 celcius.
Oli ini relatif irit BBM namun Kurang baik untuk perlindungan mesin (untuk kondisi jalan sering macet & beban berat, )
Oli tipe ini kudu sering2 ganti.

SAE 15W-40
Oli ini dpt dipakai pd kondisi dingin suhu -15 s/d -20 celcius dan suhu 150 celcius.
Oli ini paling pas untuk kendaraan mesin diesel.

SAE 20W-50
Oli yg dpt dipakai pada kondisi dingin suhu -10 s/d -15 celcius dan suhu 150 celcius.
Oli jenis ini relatif kurang efisien dlm BBM, namun sangat jos gandos dalam perlindungan mesin.

SAE 15W-50
Kurang lebih hampir sama dengan SAE 20W-50 bedanya lebih encer saja.

Jadi saran ane mendingan agan pakai sae 10-40, memang mahal dikit dari yang SAE nya 15-50, tapi kalau mesin rontok mahalan mana ?

BMW LOVERS INDRAMAYU


Akhirnya tercipta blog untuk pencinta BMW di indramayu,
Ayo wong indramayu yang mau ikut gabung ke dalam komunitas ini silahkan folow ya.

Sedikit gambaran tentang saya, Nanti buat bmw lovers indramayu dapat sharing atau ingin tanya- tanya boleh, seputaran modifikasi, kerusakan, dan tips - tips dalam merawat BMW.

Tak kenal maka tak sayang, Ini sedikit profile saya :

Nama : Dede Surahman, Panggil aja Agan DD ya biar tamabah akrab.
Mobil : BMW M40 E36 Th 1992
Sudah berbagai pengalaman yang sudah saya jalani dengan BMW dari E34 sampai sekarang, banyak hal yang di temukan jadi nanti saya akan selalu mengupdate blog ini. buat menambah pengetahuan dan sharing kepada pengguna BMW lainnya, Oh ia buat yang kebetulan di indramayu punya masalah dengan BMW nya bisa contact saya di 0822 555 00 121, Nanti agan bisa mampir, atau ane yang ketempat agan - agan BMW indramayu.