Tuesday 29 December 2015

PENTINGNYA SPOORING DAN BALANCING BMW


Pada postingan kali ini saya akan membahas bagaimana pentingnya mobil anda harus dilakukan spooring dan balancing secara berkala setiap 10.000km. Tujuanya untuk menyeimbangkan ban dan keselarasan roda depan.

Tujan utama dari proses spooring adalah untuk menyelaraskan antara posisi roda kanan dan kiri. Kabarnya, nama spooring itu sendiri diciptakan karena mengharapkan laju mobil yang lurus dan stabil layaknya kereta api (spoor).

Efek yang ditimbulkan dari tidak seimbangnya roda kiri dan kanan ini bisa membuat mobil limbung dan bahkan berat sebelah. Selain itu juga pada saat prosesi spooring dijalankan, dilakukan pula penyetelan camber atau kemiringan roda serta caster atau maju mundurnya roda.

Sedangkan balancing adalah untuk membuat putaran roda menjadi seimbang dan tidak goyang. Balancing dilakukan untuk menghindari adanya getaran pada roda kemudi pada saat mobil melaju.

Nah gan bila mobil anda sudah mengalami hal seperti diatas sebaiknya anda coba lakukan spooring dan balancing secara teratur, Jika masalah tersebut masih terjadi misalkan timbulnya getaran di rpm tinggi khusunya mobil dengan penggerak belakang (BMW) kemungkinan besar terjadi pada kopel atau mounting mesin anda. Lakukan balancing kopel dan lakukan penggantian mounting mesin anda.

Semoga informasi diatas bisa membantu.

Saturday 19 December 2015

MENCEGAH MOBIL KEROPOS DAN KOROSI


Musim hujan telah tiba, Hati hati buat agan semua lindungi komponen mobil anda dari keropos dan korosi ya gan, Terutama pada bagian bawah mobil, Dan spakboar mobil, ini adalah sedikit cara dan saran supaya mobil agan tidak keropos atau setidaknya mencegah. Khusus untuk pengguana E36 perlu diwaspadai pada spakboar bagian depan.

1. Minimal 6 bulan sekali agan buka spakboard mobil agan, disana banyak terdapat endapan pasir yang terbawa oleh air dari cipratan ban mobil.
2. Bersihkan bagian tersebut kemudian jika timbul keropos segera agan lindungi dengan flincute atau anti karat yang banyak terdapat di toko bangunan atau onderdil mobil.
3. Jika keropos sedikit besar bisa agan tutup dengan menggunakan dempul mobil secukupnya kemudian setelah kering agan lapirsi kembali dengan flintkote.
4. Lapisi ulang minimal 1 tahun bagian bawah mobil anda dengan flintkote untuk mencegah korosi pada mobil anda.
5. Untuk keropos yang besar agan bawa ke bengel las terdekat, perlu diketahui bagian tersebut sangat fital untuk dilas jadi hati -hati, karena banyak terdapat karpet dan kabel -kabel awas terbakar.
6. Nah yang terahir rawat mobil agan ya dengan mencuci mobil, bila mobil agan kotor.

Sekian tips dari saya semoga membantu agan.

Tuesday 15 December 2015

PENYEBAB BMW TERBAKAR


Bukan hanya bmw saja yang terbakar banyak kasus mobil yang terbakar, Jadi buat para pecinta bmw jangan perlu takut dan khawatir tentang mobil ini karena jika mobil ini benar benar dirawat maka semua mobil pasti tidak akan mengalami terbakar.
Jadi apa sih penyebab mobil bisa terbakar ?, Berikut adalah jawaban singkatnya
1. Kurangnya perawatan pada mobil,
2. Ternjadinya konsleting pada kabel mobil anda.
3. Terjadinya kebocoran pada selang bensin.
4. Terjadinya kebocoran pada bak penampunagan bensin / tanki bensin.
Nah jadi jika mobil anda kurang dirawat maka akan terjadi hal seperti diatas.
Semoga membatu.

RPM MOBIL TIDAK STABIL SAAT DIGAS DAN BREBET

Pernah anda mengalami mobil anda seakan mau mati jika di rmp rendah atau pada rpm tertentu tidak dtabil / brebet, Sesuatu yang sangat menggangu tentunya jika ini dialami oleh mobil anda, ada banyak kemungkinan terjadi pada mobil anda bila mengalami hal demikian diantaranya adalah, (Khusunya bagi pengguna BMW E36)
1. Saringan bensin kotor. Solusi anda ganti dengan saringan yang baru.

2. Air Flow meter kotor atau tergrores pada plat carbonya. anda ganti baru atau bisa juga diservice.


3. Rotak / pompa bensin yang sudah lemah, tidak stabil dalam menyuplai bensin kemesin mobil anda, Solusi anda ganti dengan yang baru.

4. Filter udara sudah tersumbat debu mengakibatkan udara yang masuk menjadi sedikit dan kurangnya oksigen dalam campuran udara.

Mungkin 4 komponen tersebut yang menjadi dasar dari tidak stabilnya mobil anda di RMP dan mengakibatkan brebet, Semoga informasi tersebut dapat membantu.

Monday 14 December 2015

PENYEBAB AC MOBIL / BMW MENDESIS AC TIDAK DINGIN


Pernah anda mengalami ac anda terdengar suara mendesis pada bagian kisi - kisi ac anda, Ya penyebab dari suara mendesis dari ac diakibatkan ada salah satu komponen atau sistem ac yang kepanasan, dari pengalaman saya menangani kasus ini adalah tidak berputarnya extra fan pada BMW E36 M40, Extra fan di jalankan otomatis oleh 2 triger saklar, 1, saklar dari high presure switch dan termperatur switch dari radiator. Nah jika komponen ini tidak berfungsi maka alhasil condensator ac anda kepanasan, dan yang ditimbulkan adalah suara desis dan ac tidak dingin.
Tepat dibelakang extrafan terdapat condensator ac, Cara pengecekan Extrafan adalah SBB :
1. Periksa kabel high preseure switch pada driyer ac, Jumper menggunakan kabel. Jika Extrafan berputar maka Etrafan bekerja dengan baik, kemungkinan kerusakan pada presure switch.
2. Periksa sikring dan relay extrafan.
3. Periksa temperatur switch pada radiator, caranya jumper dengan menggukana kabel jika extrafan berputar makan, kemungkinan temperatur switch tidak bekerja dengan baik.

Dan kemunkinan masih banyak penyebab lain yang mengakibatkan AC anda mengalami hal yang sama, ini salah satu contoh penyebabnya, kemungkinan dari evaporator yang kotor juga menyebabkan hal tersebut.
Silahkan baca di postingan postingan sebelumnya.
Demikian yang bisa saya jabarkan semoga bermanfaat.



Wednesday 9 December 2015

MOBIL BERGETAR SAAT KECEPATAN TINGGI ATAU SAAT DIREM


Bagi para pecinta otomotif mungkin pernah mengalami dimana pada saat mobil dipacu kecepatan lumayan tinggi diatas 60 Km/jam terjadi getaran yang tidak biasa. jika anda mengalaminya maka mobil tersebut memang sedang bermasalah, tinggal apa yang menyebabkan dan harus segera dibenahi.

Ada 3 hal yang menjadi penyebab mobil bergetar pada saat kecepatan tinggi yakni:

Masalah Mesin
Masalah yang terjadi pada mesin sangat kentara pada saat kita menginjak pedal gas ataupun melepas, seperti terjadi gerakan tidak spontan atau tersendat pada pedal gas, begitu pula saat melepas gas mobil seperti tersendat.
Tidak stabilnya mesin ini sebagian besar disebabkan oleh : Tidak lancarnya pasokan bahan bakar (karburator/ sistem injeksi), Masalah pada sistem kelistrikan (busi/ aki/ koil),Masalah pada sistem kompresi (piston),Kampas kopling yang habis, Setelan mesin yang tidak tepat

Masalah Rem
Rem yang bermasalah juga dapat menyebabkan getaran mobil pada saat kecepatan tinggi, biasanya saat cakram rem sudah tidak rata/ membentuk gelombang. ketika pedal rem diinjak maka mobil akan bergetar. Perhatikan pula saat mengganti kampas rem, jangan gunakan kampas rem yang berkualitas rendah(Kw)  karena material maupun dimensinya kebanyakan tidak presisi sehingga bisa merusak piringan cakram.

Masalah Ban
Ban yang tidak rata (tekanan udara ataupun kualitas ban tidak sama) dapat menyebabkan mobil bergetar saat kecepatan tinggi, diusahakan selalu cek tekanan udara pada masing-masing ban jika ada yang kurang angin segera ditambah. Pengalaman ban yang sering kurang angin dapat menyebabkan kerja shockbreaker yang lebih berat, sering juga dapat merembet pada sistem power steering akibat ban tidak seimbang.
Pertimbangan lebar ban dan corak ban yang dipergunakan, pertimbangkan juga tentang pemakaian velg yang tepat. Pastikan roda tidak bermasalah jika ada masalah segera lakukan spooring dan balancing pada bengkel spooring saat setir bergetar kencang ketika dibelokkan juga indikasi waktunya pemilik mobil melakukan spooring and balanching.

Masalah Axle
Axle atau dudukan roda yang berfungsi sebagai tumpuan roda dan penerus putaran mesin ke roda, axle pada roda sedikit berbeda perannya dimana axle roda depan juga berfungsi penerus belokan dari setir. Sehingga jika axle roda depan terdapat masalah maka getaran akan sangat terasa sekali.Axle memang jarang bermasalah tetapi tidak ada salahnya mengecek axle mobil.

Semoga membantu dalam analisa anda untuk memperbaiki masalah diatas

Tuesday 8 December 2015

MODIFIKASI BOS ARM / BUSING BMWE36

Pernah mengalami mobil anda tidak stabil pada kaki depan mungkin salah satu penyebabnya adalah busing arm yang sudah kendor dan kemakan usia, Caranya adalah anda mengganti dengan yang baru. Tapi apakan dengan yang baru bisa kuat dan tahan, Karena memang pada BMW e36 busing arm adalah suatu komponen yang sering sekali atau mudah rusak, untuk kali ini saya akan membahas bagaimana caranya untuk memodifikasi busing arm anda menjadi kuat. Caranya adalah menambah lapisan karet pada sela-sela busing arm anda, Bisa diaplikasikan pada busing arm bekas mapun yang baru. Berikut cara pengerjaannya.

Alat dan bahan
- Busing Arm
- Karet mentah ( Karet mentah bisa anda dapatkan di bengkel vulkanisir ban atau dengan menggunakan karet tambal ban motor/mobil )

- Obeng
- Gunting
- Cutter
- Alat press ( Alat untuk menambal ban motor )


Cara pengerjaan
Mula mula siapkan busing arm anda periksa dan bersihkan  dari semua kotoran yang menempel, Kemudian masukan karet mentah tadi kedalah sela-sela busing arm sampai penuh sampai karet terlihat keluar. Kemudian press pada alat press (Atal press anda bisa nebeng ke tukang tambal ban gan heeee ). Berikut adalah hasilnya


 Gambar sebelah kiri hasil modifikasi busing arm.

Monday 7 December 2015

CARA MEMBERSIHKAN EVAPORATOR AC BMW E36


Ada beberapa produk pembersih evaporator yang beredar di pasar. Salah satunya adalah Performance AC Cleaner dari Auto One Mechanica. Produk seharga Rp 150 ribu ini diklaim mampu membersihkan evaporator, menghilangkan bakteri, dan menebar aroma wangi layaknya mobil baru.

Sebelum disemprotkan, Anda harus terlebih dulu membuka tutup pada bagian bawah sopir, dan membuka saringan udara pada evaporator.

Keluarkan saringan AC dari rumahnya. Jika kotor, ganti sekalian agar tidak merepotkan. Dari sini terlihat blower AC yang mengembuskan udara ke eva­porator. Agar cairan pembersih dapat mencapai evaporator, dibutuhkan bantuan blower.

Embusan udara dimanfaatkan untuk mendorong busa pembersih ke dalam. Oleh kare­nanya, nyalakan kipas AC di posisi paling kencang, sedang­kan thermostat dimatikan.

Perlahan arahkan slang kaleng pembersih ke blower AC yang sedang berputar. Tekan penyemprot berulang-ulang agar busa masuk secara bertahap. Lakukan terus hingga busa pembersih habis dari botolnya.

Jangan khawatir jika dari kisi AC keluar busa. Bahan tersebut diklaim tidak berbahaya bagi kesehatan. Pun saat menempel di panel kabin, busa tetap dapat dibersihkan dengan mudah tanpa perlu khawatir merusak.

Saat busa pembersih sudah habis, biarkan kipas AC tetap berputar sekitar 15 menit. Guna­nya untuk memastikan seluruh bahan pembersih bekerja meluruhkan kotoran yang menempel di evaporator. Selesai, pasang kembali saringan AC dan glovebox, dan Anda pun dapat kembali beraktivitas.

Untuk membuktikan produk tersebut efektif membersihkan evaporator, lihat saja saluran pembuangan air AC di kolong. Dijamin, air yang keluar akan berwarna keruh karena kotor. Dan sekarang, kabin mobil tidak hanya wangi, namun juga lebih bersih dan sehat.


Sekian gan somoga membantu buat agan yang ingin hemat tapi AC masih dingin.

KERUSAKAN YANG SERING PADA BMW

Buat agan - agan penguna BMW,  saya ingin sedikit share tentang apa saja yang perlu diwaspadai tetang tunggangan anda khususnya BMW E36. Sedikit informasi bahwa BMW merupakan mobil mewah dengan harga spare part yang mahal, dan susah mencari bengkel khusus mobil tersebut. Tenang aja gan tidak semenakutkan itu buat yang ingin mencoba BMW. Karena sekarang sudah banyak orang mengenal BWM bahkan dipelosok seperti saya sudah banyak orang yang mengenal karakter mobil ini dan hampir yakin bahwa mobil tersebut layak menjadi pilihan.
Jadi tidak perlu khawatir buat pengguna BMW lainnya, Saya sekidikit berbagi informasi tentang kerusakan apa saja yang sering terjadi pada BMW, Mungkin bukan cuma pada BMW, bisa terjadi pada kebanyakan mobil lainnya. Nah berikut saya ringkas :

1. Kaki - kaki, Kenapa saya bahas pertama adalah kaki - kaki, Alasannya BMW adalah sedan mewah yang didesain untuk perkotaan dengan jalanan mulu, Wajar saja kalau kaki - kaki jadi musuh utama di indonesia karena belum cocok dengan jalan indonesia yang masih banyak disana sini jalan yang kurang layak. Untuk hanga komponen ini bisa di LIHAT DISINI, harga sebanding dengan kualitas mobil ini.

2. Keliastrikan, Dari segi kelistrikan yang paling sering adalah lampu foglam, dan lampu-lampu belakang karena usia pemakaian yang sudah lumayan, mungkin part ini sudah mengalami penurunan kualitas pemakaina.

3. Mesin, Mesin BMW dalam kategori bandel dan awet ya gan, karena terbuat dari material material yang berkualitas, Maklum mobil premium gan, Akan tetapi yang perlu diwaspadai pada sisi mesin adalah bagian airflow/airmass yang sering mengalami kerusakan, dan ciri kerusakan pada komponen ini adalah RPM yang tidak stabil dan tersendat. Perlu diketahui bahwa komponen ini masih dapat diperbaiki gan, Memang jika anda membeli dengan yang baru perlu merogoh kojek lembih dalam. Untuk biaya service sekitar 200 s/d 400k, atau agan bisa kerjakan sendiri dengan panduan DISINI, Untuk part mesin lain saya kira sama saja perawatanya dengan mobil lain.

4. Body/Chasis, Pada bagian ini tergolong cukup baik dan bagus jika dibandingkan dengan mobil lain, kerena sudah dilindung anti karat dan plat yang digunakanpun berkualitas terntunya jadi jangan khawatir dengan bagian ini, Namun adasaja bagian yang perlu ada perhatikan, Yaitu bagian bawah supir dan kokpit biasanya mengalami korosi. Penyelesaiannya anda bawa ke bengkel body repair ga lama ko pengerjaannya.

5. AC, Perlu diketahui Ac pada bmw sudah mengunakan teknologi cangggih, Bisa dibyangkan mobil era 90an BMW sudah mengadopsi sistem pengelolaan udara kabin hangat dan dingin, memang sih karena mobil ini berasal dari eropa, yang iklimnya sudah memenuhi syarat. Karena kecangihannya itu jika dugunakan di indonesia sering mengalami mal fungsi, mulai dari kebocoran, kurang dingin dll, Senarnya masalah tersebut sama terjadi pada mobil kebanyakan, Misal kurang dingin, karena cuaca dan debu bisa membuat sistem pendingin anda menjadi terhalang. dan pada kasus berikutnya adalah heater atau pemanas ruangan yang sudah tidak berfungsi, banyak pengguna BMW yang mengabaikan ini, Karena sangat jarang sekali di indonesia, dan mungkin tidak sama sekali.


OK itu saja sedikit ulasan tentang apa saja kesusakan yang sering terjadi pada BMW.
Sekian semoga bermanfaat. . .

Sunday 6 December 2015

DOWNLOAD APLIKASI ANDROID BMW INDRAMAYU


Buat agan - agan yang ingin praktis membuka web ini silahkan  bisa didownload aplikasi untuk ponsel pintar anda Android ya gan. Praktis dan mudah diskses dimana mana

PENYEBAB SPEAKER / AUDIO MOBIL BERGETAR



Lagi enak - enak dengerin musik, dan mencoba sedikit volume dibesarkan e walah . . . banyak terdengar suara getaran dimana mana ? Perlu diketahui untuk memasang audio denga tambahan power, perlu juga diperhatikan peredam pada mobil anda, salah - salah mobil jadi bergetar semua, berikut tips agan nyaman mendengarkan musik kenceng - kenceng didalam mobil.

1. Beri peredam tambahan pada semua bagian mobil, Pada pintu - pintu, Bagasi dan pada bagian dalam dasboard.
2. Pastikan baut pengikat speaker sudah benar - benar kencang, Ini merupakan faktor yang sering terjadi, karena lam pemakaian akhirnya kendor dengan sendirinya.
3. Stel equalizer dengan benar, Pada penyetelan ini memang harus benar - benar pas jika tidak suara yang dihasilkan tidak seimbang.
4. Kondisi speaker yang sudah rusak, Daun speaker yang sudah robek membuat getaran pada speaker tidak stabil.

Lumayan gan untuk menambah sedikit pengetahuan pada sistem audio anda. Semoga membantu.

HATI _ HATI MENGGANTI RELAY MOBIL BMW

Kelistrikan BMW memang agak sedikit riskan jika kita tidak pahm betul menanganinya bisa-bisa ada komponen lain yang ikut rusak, contoh kali ini adalah mengenali tipe relay pada BMW, Pada bmw memili 4 tipe relay pada sistem kelistrikannya. berikut adalah gambar contoh tipe relay BMW.
Pada gambar diatas merupakan relay kelistrikan AC Terdapat 2 tipe relay, Relay yang pertama memiliki soket 5 Port, (30,85,86,87,87a), Relay Kedua dan tiga (30,85,86,87,86b). Dari kedua relay tersebut jelas bahwa kita tidak dapat mengganti sembarangan relay tersebut. Karena yang banyak dipasaran adalah relay dengan kaki 4 port (30,85,86,87), Seperti gambar berikut :
Yang terakhir adalah relay dengan untuk lampu hazard berikut gambarnnya gan.
Nah jadi semua relay pada bmw sudah saya bahas jangan sampai tertukar ya gan karena beda relay beda fungsi, bisa - bisa ada yang konsleting nantinya. Jika agan kurang paham serahkan kepada ahlinya, jika ingin hendak membelai sendiri ada baiknya membawa contoh relay yang akan agan beli,
Semoga bermanfaat



PENYEBAB AC MOBIL BMW TIDAK DINGIN

Pernah anda mengalami kasus ac anda tidak dingin berikut analisa penyebab ac mobil anda tidak dingin. Dan cara memperbaikinya.

1. Filter kabin kotor, Anda dapat menggati langsung filter kabin, Murah kok harganya.
2. Relay atau sikring kompresor putus /rusak
3. Resitsor blower sudah rusak, ganti langsung dengan yang baru dan dapat diperbaiki ko gan.
4. Pengotrol suhu tidak bekerja. Ganti dengan termostat tambahan jika sudah tidak bisa diperbaiki lagi.
berikut link untuk menambah termostat.  http://bmwindramayu.blogspot.co.id/2015/12/kompresor-ac-bmw-e36-tidak-mau-nyala.html
5. Freon habis, Jika freon anda habis berati ada kebocoran pada sistem pendingin anda. Logikanya jika tidak ada kebocoran freon tidak pernah akan habis.
6. Evaporator kotor, Caranya dengan membersihkan evaporator anda.
7. High presure switch dan low presure switch tidak bekerja, Anda harus ganti dengan baru.
8. Modul AC yang rusak, Bisa anda ganti atau bisa di perbaiki berikut link nya untuk memperbaiki modul AC. http://bmwindramayu.blogspot.co.id/2015/12/cara-memperbaiki-modul-ac-bmw-e36.html
9. Magnetic clutch tidak bekerja, anda perikra dengan menjuper langsung ke aki, jika tidak ada reaksi berarti anda harus menggantinya dengan baru, atau anda bersihkan dahulu kompenen magnetik clutch nya.

Sekian dulu gan semoga membantu.

CARA MEMPERBAIKI MODUL AC BMW E36


Pusing, panas menghadapi musim kemarau dan cuaca yang ada di indonesia membuat sebuah kendaraan mewajibkan meliki Ac atau pendingin ruangan, Ya bisa kebayang  kan jika ac anda bermasalah,
Kali ini saya membahas bagaimana cara memperbaiki modul ac yang rusak, Berikut saya jelaskan memperbaiki modul ac BMW E36 dengan climate contol manual, Dengan yang digital kemungkinan sama.
Efek dari modul ac yang rusak diantaranya adalah :
1. Compresor tidak bekeraja walau posisi sudah on.
2. Panel control tidak berfungsi, Hanya blower saja yang bekerja.
3. Pada saat mesin dingin ac tidak bekerja, akan tetapi di saat sudah panas atau mobil sudah menempuh perjalanan sebentar baru ac akan normal kembali.

Langsung ke perbaikannya ya gan. Perlu alat - alat yang anda sediakan SBB :
1. Obeng
2. Mutitester
3. Timah & Solder

Lalu dimanakan letak modul AC pada bmw E36, Modul terletak pada bagian tengah dasboard di depan persis dengan tuas pemindah gigi. Atau di bawah jam analog, anda buka kemuadian akan terlihat kotak modul ac, Terdapat 3 Soket kabel berwarna Biru, Putih dan hitam,
Setelah modul ac terlepas, sekarang buka modul ac sampai terlihat semua komponen elektronikanya.
Seperti gambar dibawah

Ganti semua komponen yang saya sudah beri tanda, Yaitu ELCO/Capasitor,
Dengan Ukuran
- 35V 100uf,
- 25V 10uf dan
- 25V 39uf ( Jika tidak ada anda bisa gunakan 25V 100 uf )
Pasang dan sesuaikan katub negatif dan positifnya dengan benar. Ukuran di atas kemungkinan besar sama jika tidak sama maka anda sesuaikan dengan ukuran pada kapasitor yang tertempel.

Selamat mencoba.

Saturday 5 December 2015

CARA MEMBERSIHKAN INTERIOR MOBIL ANDA DENGAN MUDAH



Pada posting kali ini saya sedikit ingin membahas bagaimana cara anda membersihkan interior mobil anda dengan mudah dan murah bisa dilakukan dirumah, di sela-sela waktu senggang anda, Terntunya hanya dengan peralatan yang bisa anda gunakan dari rumah anda sendiri, Lumayan bisa menghemat pengeluaran untuk perawatan mobil anda bila anda pergi kesalon mobil. Jadi alat - alat yang anda gunakan adalah :
1. Sikat gigi ( Yang sudah tidak digunakan disarankan yang soft supaya tidak merusak kulit dan interior anda )
2. Vacum cleaner
3. Lap kering
4. Lap basah ( Kanebo )
Saya kira dengan alat alat diatas sudah pasti anda memilkinya, Nah kemudian bagaimana dengan bahan yang bisa anda gunakan, anda bisa gunakan sabun colek, deterjen untuk menghilangkan noda membandel pada kulit jok atau bahan yang terbuat dari bahan sejenis kulit lainnnya. yang satu lagi untuk finising anda gunakan pengkilat silikon jok atau bahan karet lainnya contohnnya merek K*T perikiraan harga Rp 15.000/Botol. Inget gan di foto dulu ya sebelum dibersihkan.

Lalu bagaimana cara pengerjaannya.
1. Bersihkan semua bagian dari debu dan kotoran dengan menggunakan vacum cleanner.
2. Sikat permukaan seluruh permukaan pada bahan yang terbuat dari kulit dan plastik dengan menggunkaan sikat gigi dan sabun colek atau deterjen yang sudah anda basahi terlebu dahulu.  Sikat dengan pelahan-lahan.
3. Bersihkan sisa busa dengan mengunakan kain basah atau kanebo sampai benar - benar tidak ada busa yang nampak.
4. Setelah semua bersih, anda gunakan lap kering untuk mengeringkan semua permukaan yang sudah anda berihkan tadi.
5. Yang terakhir untuk mendapatka hasil yang memuaskan dan interior anda harum dan mengkilap, gunakan cairan silikon tadi yang sudah anda beli. Kemudian lap dengan kain kering sampai benar benar kering dan hasil yang mengkilap.
6. Silahkan foto hasil setelah anda bersihkan. dan bandingakan dengan sebelum dibersihkan.
7. Selamat mencoba.



Friday 4 December 2015

KOMPRESOR AC BMW E36 TIDAK MAU NYALA / MATI

Singkat cerita mobil ane tiba tiba mati kompresornya, Cek sana sini mulai dari :
- Cek tekanan freon di bengkel ac, katanya normal.
- Cek presure switch juga normal.
- Cek Relay dan sikring ga ada yang putus semua relay normal.
Yang terakhir cek magnetik swict, dan ternyata juga normal jika dilangsungkan diberi arus + 12v dari baterai mau muter kompresornya.
Akhirnya udah dech kayaknya modul ac nya yang mati, hmmm udah kebayangkan berapa harganya ini modul kalo sampe ganti, Kemudian punya ide untuk memodifikasi sistem switch ac mobil dengan menambahkan komponen termostat tambahan sebagai saklar untuk menyalakan kompresor. Seperti gambar di bawah gan maaf kalo gambarnya jelek ya ?
Penjelasan Gambar :
1. Sambung 1 kabel dari kompresor anda.
2. Tarik kabel sampai ke bawah dasboard sebelah kiri (Bagian penumpang)
3. Sambungkan ke termostar universal. Stel termostart sesuai suhu yang diinginkan.
4. Untuk sensor suhu pada tormostat anda colok kedalam evaporator.
5. Beri pelindung gan biar aman dengan sikring 10A.
6. Sambungkan ke saklar ac gan, Cari kabel berwarna hitam lalu jumper aja langsung gan. atau di jumper ke switch paling pertama.
7. Rapihkan semua kabel, Selesai dech

Setelah semua terpasang almadulillah ac kembali normal, kompresorpun bisa otomatis berhenti sampai suhu yang diinginkan oleh termostart. Inget ya gan ini cara cuma sementara, setelah itu sebaiknya agan bawa ke bengkel ac profesional ya gan.

Wednesday 2 December 2015

MESIN NGLITIK DAN KASAR BMW M40

Mesin bmw terkenal agak kasar jika dibandingkan dengan mobil - mobil keluaran jepang, namun perlu diketahui sekasar apasih mesin bmw, kali ini saya membahas mesin bmw m40, mesin kasar bmw memang khas akan tetapi jika anda sudah didalam kabin suasana sunyi dan tidak akan terdengar suara mesin. Suara kasanya tidak dibarangi dengan suara ngilik bak mesin jahit ya gan, hanya terdengar suara decitan injektor saja, jadi bilaman agan membeli mobil dengan mesin m40, harus teliti dan paham dengan karakter mesin ini.

Setelah bahas karakter mesin m40, lalu bagaimana jika mesin ini mengalami kasar dan nglitik ? sedikit saya share pengalaman dengan tunggangan saya, pada waktu itu saya pun penasaran dengan camsahft dan komponen kepala silinder lainnya, pelan pelan saya buka dan ternyata terdapat camshaft pada silinder no 1 dan 2 sudah aus. Usut punya usut hal tersebut terjadi karena kelalaian saya menggati oli mesin dengan sae 20 - 50 dan tidak mengganti filter oli, dan akhirnya tidak ada aliran oli pada silinder 1 dan 2, Segera saya bongkar tanya kebengkel spare part menanyakan harga camshaft sekitar 1,5jt pada waktu itu, karena bujet lagi seret akhirnya punya ide untuk mengakali dengan biaya yang minim, alhasil saya hanya membubut camshaft supaya rata dengan no 3 dan 4 saya bawa ketukang bubut biayanya hanya 30rb untuk satu titiknya. saya anggap murah jika dengan membeli baru. akan tetapi tidak menjamin kekuatanya ya gan.


Sekalian dibubut komponen yang haus lainnya seperti rocker arm ( platuk ) Setelah selesai dan dipasang kembali, mesin menjadi halus dan bunyi ngiliknya hilang, dan jangan lupa ganti oli dan filternya yang rutin ya gan supaya tidak terjadi kembali. Jika anda kurang paham untuk menbongkar pasangnya serahkan kepada ahlinya ya gan dan jelaskan pengalaman saya diatas. Semoga bermanfaat ya gan.

AC BMW E36 KADANG NYALA KADANG MATI


Pernah mengalami hal tersebut diatas, anda tentu akan tidak nyaman jika pada mobil anda tidak ada ac iklim di indonesia mengharuskan anda untuk menggunakan pendingin mobil atau ac, bisa dibayangkan siang hari macet, jika ac anda bermasalah bisa sauna didalam mobil.
Ada masalah di ac mobil ane gan, Ac kadang nyala kadang mati. Kondisinya adalah ?

1. Jika pertama kali mesin menyala kemudian rpm dianggka 900, maka dipastika ac tidak nyala, namun blower nyala, indikatornya pada mati ? tapi kalau rpm lamsam di 700an ac pasti nyala.
2. setelah dibawa jalan cukup jauh diputer lagi acnya baru nyala, kadang dibiarkan on nanti nyala sendiri.
3. Blower nyala dari 1 sampai 4, cuma kompresor tidak bekerja ? Tapi kalau sudah pernah nyala ac tidak akan susah untuk nyala kembali, tapi kalau sudah didiamkan 1 hari aja tidak digunakan pasti susah lagi buatnyalanya.

Masalah tersebut terjadi pada mobil saya bmw e36 m40 dan kemungkinan sama penyeelesaiannya untuk bmw lain. Dari problem di atas saya coba untuk menelusuri sumber dari masalah tersebut, Inti dari masalah diatas adalah kompresor ac tidak nyala/bekerja. Dari hasil penelurusan saya menemukan terdapat sambungan kabel pada kompresor kendor. bisa dilihat pada gambar dibawah. pada gambar tersebut sudah dalam perbaikan dengan mengencangkan soket dan mengamplas, kemudian di tutup menggunakan lem silen (auto siler)
Semoga membantu, setidaknya memberikan ilmu tambahan kepada anda, Kasih tanggapan ya buat yang sudah berhasil.

Tuesday 1 December 2015

PASANG LIPS BUMPER PADA BUMPER STANDAR BMW E36

Ingin tampil beda atau anda memiliki budget ketat untuk merubah tampilan mobil anda berikut saya akan membahas mengenai cara memasang lips bump BMW e36 anda, Tanpa ada penggantian bumper, anda cukup menggunakan bumpper standar mobil anda lips ini cukup di tempel pada bagian bawah bumper anda, caranya hanya menggunakan baut pada bawah lis untuk mengikat, dan silen pada bagian atas untuk menambah kerapihan bumper anda. berikut gambar sebelum dan sesudah menggunakan lips bumper pada e36.

Keren kan gan mirip - mirip dengan bumper m3 kan gan. Anda berminat silahkan di order gan heee sekalian jualan. Silahkan contact kami Link Contact

LAMPU ANGELS EYE MATI / BALLAST MATI


Pernah anda mengalami lampu angels eye anda tiba tiba mati, saya akan membahas sedikit bagaimana cara membetulkan angels eyes anda.
Langkah pengecekan
1. Nyalakan Lampu angels eye anda cek kanan dan kirinya. jika keduanya mati disinyalir adanya putus pada sikring/fuse. silahkan anda ganti.
2. Jika hanya salah satu yang mati misal kanan mati, bereati anda dapat mengeceknya dengan menukar ballast tersebut. jika ternyata masih tidak nyala, berati kerusakan pada lampunya, dan bila nyala berarti kerusakan pada ballast tersebut, ada 2 opsi untuk memperbaiki hal tersebut, anda mengganti ballast baru atau anda cukup memperbaikinya saja. Berikut saya akan membahas cara memperbaiki ballast.

Perbaikan Ballast 



Buka komponen ballast sampai terlihat semua komponen elektronikanya, buang pelindung pada komponen elekronikanya hati-hati jangan sampai terkelupas atau terangkat kompnen-komponen elektronika tersebut. Setelah semua terbuka, yang perlu anda sediakan adalah solder dan timah.
Cari komponen elektronika transistor D882P




 ini contoh dan kemungkinan sama jika tidak sama maka anda perlu melihat pada fisik transistor tersebut, dan transistor berkode 3904

Silahkan ganti kedua kompenen tersebut kemudian tinggal anda coba, Komponen tersebut banyak di jual di toko - toko elektronik pada umumnya. Harganyapun relativ murah dikisaran @1000 s.d 2000 rupiah saja. Saya sudah mencoba dan berhasil.